Selasa, 27 November 2012

INDUSTRI BAN


Saat ini teknologi material, khususnya karet sudah sangat maju. Material karet digunakan dihampir semua bidang, seperti manufaktur, telekomunikasi, rumah tangga, transportasi dan lain sebagainya, dalam bidang transportasi penggunaan material karet sebagian besar digunakan untuk pembuatan ban, ban merupakan penopang dan alat yang digunakan agar kendaraan dapat bekerja dengan maksimal.
Bahan karet yang digunakan pada ban harus mempunyai spesifikasi tertentu misal ketahanan terhadap keausan yang tinggi, tidak berubah bentuk pada temperatur tinggi, ketahanan terhadap pengaruh ozon yang tinggi, ketahanan terhadap sinar matahari dan lain sebagainya.
Industry ban meruopakan salah satu industry yang berkembang di Indonesia hal ini dibuktikan karena produksi ban semakin meningkat sejalan dengan hal itu keberadaan ban-ban bekas yang sudah  tidak terpakai tentu menjadi masalah sendiri untuk ditangani.
Ban  sendiri adalah peranti yang menutupi velg suatu roda. Ban adalah bagian penting dari kendaraan darat, dan digunakan untuk mengurangi getaran yang disebabkan ketidakteraturan permukaan jalan, melindungi roda dari aus dan kerusakan, serta memberikan kestabilan antara kendaraan dan tanah untuk meningkatkan percepatan dan mempermudah pergerakan.
Ban juga merupakan bagian dari suatu kendaraan yang merupakan produk paling penting dan diproduksi dalam volume tinggi yang bertambah setiap tahunnya. Lebih dari setengah karet alam dan karet sintetik didunia digunakan dalam industri ban. Karet memiliki sifat yang fleksibel geseran serta permukaan yang baik, yang tahan abrasi yang tinggi, impermeabilitas yang baik terhadap udara.


SIFAT-SIFAT BAN
karena sifat karet yang mudah dibentuk, dapat direnggangkan, kenyal, dan lentur. Seandainya ban mobilmu terbuat dari kayu, kamu pasti tidak akan merasa nyaman saat mengendarainya.
Sifat-sifat karet :
  • 1). Kuat, lentur dan elastis,
  • 2). Tidak tahan api (meleleh jika dipanaskan),
  • 3). Bersifat isolator,
  • 4). Tidak tembus air.
Karet bersifat kuat dan lentur. Karet juga bersifat elastis. Artinya, karet dapat ditarik memanjang dan jika dilepaskan akan kembali ke bentuk semula. Oleh karena itu, karet dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, misalnya membuat ban, alas sepatu, dan pembungkus kabel. Meskipun karet bersifat kuat dan lentur, tetapi tidak tahan api. Ingatlah, jangan sampai peralatan di rumahmu yang terbuat dari karet terkena api! Karet yang terkena api akan meleleh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar