Selasa, 27 November 2012

Kegunaan Ban


KEGUNAAN BAN
Kegunaan Utama Ban
1.      Menahan beban
Dalam hal menahan beban yang paling berpengaruh adalah tekanan angin, karena
angin dalam ban berfungsi untuk menopang berat kendaraan dan muatan.
2.      Meredam guncangan
Tekanan angin dan type ban (radial/ bias) sangat berpengaruh dalam meredam guncangan awal sebelum diredam lagi oleh suspensi. Ban tipe radial mampu meredam guncangan lebih baik daripada ban tipe bias.
3.      Meneruskan tenaga dari mesin
Ban berfungsi untuk meneruskan gaya gerak dan pengeraman ke permukaan jalan, hal ini berkaitan dengan kinerja traksi dan pengereman. Yang berpengaruh dalam hal ini adalah pattern atau kembangan dari ban.
4.      Meneruskan fungsi kemudi
Ban sangat penting dalam mengontrol arah kendaraan, hal ini akan menentukan kemampuan bermanuver dan kestabilan dalam berkendara.



Ban juga memiliki kegunaan memikul beban kendaraan dan meredam kejutan-kejutan yang ditimbulkan oleh keadaan permukaan jalan.
Ban pneumatic (diisi angin) tersusun dari empat bagian utama yaitu : Carcass, Tread, Breaker dan Bead.
·         Carcass
Carcass ada didalam ban. Fungsinya menahan berat, goncangan, tumbukan dan tekanan angin. Carcass dibuat dari lembaran-lembaran ply cords. Karet yang melapisi cord tidak hanya melindungi dari kerusakan luar, tetapi juga mencegah gesekan antara cords.
·         Tread
Tread adalah kulit luar ban, berfungsi untuk melindungi carcass dari keausan dan lain-lain kerusakan. Bagian dimana tread-tread berhubungan langsung dengan jalan disebut crown. Bagian disamping ban disebut side wall dan daerah pertemuan dengan tread disebut shoulder. Permukaan crown mempunyai bermacam-macam patern. Alur-alur yang dibuat pada permukaan ban disebut Groove atau non skid. Shoulder dinamakan juga Butters dan merupakan bagian yang menyangga crown. Daerah ini mempunyai konsentrasi karet yang paling tebal dan disini dibuat juga alur (groove) untuk mengeluarkan panas.
·         Breaker
Ditempatkan diantara treads dan carcass berfungsi sebagai peredam goncangan. Sebagai tambahan, untuk mencegah pemisahan dan untuk mengurangi perubahan elastisitas, selembar karet disisipkan antara carcass dan breaker yang berfungsi sebagai bantalan.
·         Bead
Bead digunakan di carcass, berfungsi untuk menahan kedua ujung cord, menjamin pemasangan yang kuat dari ban ke rim (pelek). Kawat bead terbuat dari baja dengan kadar karbon tinggi. Bagian ujung yang berhubungan dengan pelek dan lebih dekat dengan pusat ban dinamakan Bead Toe. Flipper membungkus bead wire dan didalamnya terisi beaf filler, karet keras berbentuk segitiga (Apex rubber). Bead filler membantu flipper agar bias bercampur dengan baik di dalam ban. Bagian yang berhubungan dengan flens dari pelek dinamakan Bead Hell. Bagian dari bead dilapisi oleh semacam ply cord (yang sudah dilapisi karet), dinamakan chafer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar